SENI BUDAYA TRADISIONAL DILESTARIKAN OLEH TMII, MELALUI GENERASI MUDA

Seni budaya tradisional yang kian lama kian menghilang terkikis oleh peradaban jaman ini, ternyata masih sangat dipertahankan oleh TMII. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai salah satu sarana keragaman museum sebagai peradaban bangsa, bekerja sama dengan komunitas pengguna frekwensi Amatir Radio Indonesia 144.320 Mhz (Patigawa Big Fam). Yakni PT Rajawali Komunika Indotama (RKI), institusi yang bergerak dalam bidang event organizer berencana membuat event yang syarat edukasi. Tujuannya membangkitkan serta mengembangkan kembali gairah kecintaan bangsa ini terhadap seni budaya pada umumnya maupun seni tradisional.

“Ajang ini akan mendongkrak para generasi muda untuk mencintai budaya seni tradisional di negeri ini dan kita patut dijaga akan kelestariannya dan sebagai warisan generasi penerus bangsa, agar tidak terjadi lagi seni budaya Indonesia di akui oleh bangsa lainnya,” kata Edy pada SIAGA.CO.

Demikian yang disampaikan Ketua Pelaksana Gema Musik Indonesia Ir Edy Purwanto yang di dampingi Humas Panitia Gema Musik Indonesia H M Yusi Ichramsyah SE saat di Arsipel TMII, Jakarta Timur.

Beliau menjelaskan, untuk itu harus ada tindakan nyata dengan pelestarian Seni Budaya Tradisional yang di anggap klasik atau kuno dan di pandang sebelah mata dan sebagian masyarakat Indonesia, dan kecintaan terhadap Budaya Seni Tradisional yang semakin ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia.

“Untuk itulah mari kita bersatu padu dalam melestarikan budaya tradisional agar tidak punah, dan generasi muda haruslah menjaga budaya tradisional bangsa sendiri,” jelasnya.

Menurut beliau, bahwa TMII ini merupakan konservatorium budaya Indonesia bersama-sama mengkonsep ide dan mengkreasikan serta mempersembahkan berbagai acara seni budaya tradisional. Nantinya ini akan dikaloborasikan dengan musik modern sebagai jembatan komunikasi diantara dua jenis seni tersebut dan berbagai jenis Gender musik lainnya.

“Besar harapan kami semoga para pemegang kepentingan dan instansi–instansi yang terkait dapat memberikan dukungan kerjasama dan dapat memberikan pemikiran serta masukan yang dapat menunjang serta mempertahankan kelestarian seni budaya Indonesia. Untuk para pemegang kepentingan visi dan misi pendidikan dapat tercapai (Good Will). Sehingga RKI maupun TMII sebagai pengelola dapat melaksanakan Konservasi Budaya Indonesia. Semua itu nanti berdampak pada bisnis juga berperan aktif dalam pelestarian seni budaya Indonesia dan peningkatan kualitas potensi diri para pekerja seni,” tambahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s